Kotaku OSP 3 Jatim
SHARE :

GANDENG LSM “NOL SAMPAH” BKM PEDULI UMAT KELURAHAN BLIMBING BERBENAH

23
09/2020
Kategori : Fic
Komentar : 0 komentar
Author : Admin Web


GANDENG LSM “NOL SAMPAH” BKM PEDULI UMAT KELURAHAN BLIMBING BERBENAH

Kelurahan Blimbing sebuah Kelurahan yang terletah di wilayah Kawasan Pantura dengan penduduk terpadat di wilayah kabupaten Lamongan dengan 12 RW dan 66 RT.   Permasalahan sampah menjadi suatu permasalahan yang paling urgen diwilyah itu, lewat peran dari BKM “Peduli Umat” Kelurahan Blimbing di tahun 2019 yang pernah mendapatkan BPM ( Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat) dan salah satu kegiatannya adalah pembangunan TPS3R yang lokasi yang berdada di Lingkungan Gowah sebelah selatan.

Seiring dengan pembangunan TPS3R tersebut KPP “Peduli Blimbing” yang pernah di bentuk BKM “Peduli Umat” kelurahan Blimbing sebagai Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat mempunyai program yaitu menggugah mainside masyarakat Kelurahan Blimbing bahwa “SAMPAH BISA BERBUAH RIZKY” sekaligus bisa mengoptimalkan pengelohan sampah di Kelurahan Blimbing melalui TPS3R.

Ada upaya BKM “Peduli Umat” yang berkerjasama dengan Komunitas “NOL SAMPAH” untuk memberikan edukasi kepada stakeholder  Kelurahan Blimbing agar mainside mereka bisa berubah, mereka beranggapan bahwa sampah itu sesuatu yang tidak berguna, bisa berubah menjadi sampah yang bisa membawa rizky. Pada hari jum’at tanggal 11 September 2020 bertempat di balai Kelurahan Blimbing, dilaksanakan pelatihan dengan tema “Pengelolahan sampah TPS3R dan Budi daya Jamur” sebagai narasumber Komonitas “NOL SAMPAH” Surabaya yaitu Bapak Hermawan Some, yang di hadiri sekitar 60 orang, Sekretaris Dinas Perkim, Satker Perkim, PPK Kabupaten Lamongan dan Tim Faskel KOTAKU, anggaran pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut sebesar Rp. 7.500.000  yang bersumber dari bantuan Dinas Perkim, dalam pelaksanaannya masih tetap memperhatikan protokoler Kesehatan Covid-19 dimana para peserta pelatihan di berikan masker dari panitia pelatihan.

Dalam paparannya Hermawan Some atau biasa dipanggil Mas Wawan menyebutkan bahwa tidak semua Plastik aman untuk kemasan makanan atau minuman. Karena yang terkandung didalam plastik itu sendiri ada zat kimia yang sangat berbahaya untuk  tubuh kita.

Selanjutnya menurut Mas Wawan, “ ada 7 jenis plastik yang ada dikehidupan kita, 1. Plastik Jenis PET atau PETE (berwarna bening, transparan dan tembus pandang) 2. Plastik DHPE (dipakai untuk tutup botol atau kursi), 3. Plastik jenis V atau PVL (biasa dipakai untuk spanduk,selang,pipa air,kantung darah,pembungkus kabel, 4. Plastik LDPE (dipakai tempat makanan,plastik kemasan atau botol-botol lembek) plastik ini kuat, tembus cahaya, 5. Plastik PP (kuat, ringan dengan daya tembus uap rendah dan direkomendasikan untuk tempat makanan yang baik, 6. Plastik jenis PS biasa dipakai untuk karton telur, CD tempat vidio, tempat menyimpan makanan agar awet dan stabil, 7. Plastik kode 7 ada 4 jenis (SAN,ABS,PC dan Nylon)  

Ditambahkan lagi oleh Mas Wawan “bahwa plastik ada Kode atau simbolnya yang dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industri tahin 1998 di Amerika Serikat” dan Indonesia juara 2 Dunia Penyumbang sampah Plastik di Laut. Pelatihan di sesi kedua di isi dengan pelatihan Budidaya Jamur, tapi sayangnya dalam pelaksanaanya masih belum tuntas karena belum diberikan praktek cara budidayanya.

Peserta pelatihan sangat antusias dengan dilaksanakan pelatihan tersebut karena mereka tercerahkan yang selama ini kurang memahami dengan adanya sampah plastik yang menjadi permasalahan di Kelurahan Blimbing, akhirnya mereka memahami akan fungsi serta manfaat serta bahayanya Sampah Plastik. Dan KPP “Peduli Blimbing”, berkomitmen untuk menjadikan Kelurahan Blimbing bebas dari permasalahan sampah khususnya sampah plastik

Di akhir narasumber memberikan materi pelatihan Sebagian besar peserta menginginkan untuk pelatihan yang kedua karena pelatihan yang mereka datangi tadi hanya berisi materi dan teori tapi untuk pelatihan berikutnya berharap untuk praktek bagaimana membuat budi daya jamur dan juga bagaimana mengembangbiakan belatung. [Ilyas-Fasos_Lamongan]

Penulis: Ilyas_Fasos Lamongan- OSP3 Jawa Timur

 

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar